Ramadhan di Televisi

Menjelang Ramadhan, semua stasiun televisi rame-rame bikin promo acara yang bakalan ditayangkan di bulan Ramadhan. Dalam rangka menyambut Ramadhan dan mengisi Ramadhan, televisi kita dihiasi acara yang religius abis. Sinetron macam Indahnya KaruniaMu, Kembang Surga, Cahaya Surga, Taqwa dan lainnya hadir menemani saat berbuka kita atau setelah selesai tarawih. Menjelang buka puasa, kita dihibur dengan acara seperti 1/2 Apartemen, Sambil Buka Yuk!, Taman Ramadhan dan sejanisnya.

Nggak cukup segitu, saat sahur pun kita masih ditemani sekaligus dihibur oleh acara-acara di televisi seperti STAR alias Stasiun Ramadhan, Kerajaan Sahur, Sana Sini Sahur, Gerebeg Sahur, Komidi Putar dan acara serupa lainnya. Televisi berubah wajah. Tadinya belepotan dengan acara yang umum dan kesannya “nakal”, kini dalam rangka mengisi Ramadhan, televisi menjadi lebih sopan. Entah karena niat tulus mengisi Ramadhan dengan tayangan yang bernuansa islami, atau untuk menarik simpati kaum Muslimin di negeri ini. Wallahu’alam. Cuma Allah yang tahu soal itu.

Cuma sayangnya nih, ketimbang informasi keilmuan yang disampaikan di layar kaca itu, ternyata lebih banyak banyolan atau guyonannya. Meski tentu, dikemas sesuai dengan nuansa Ramadhan. Ada sih ceramahnya dari ustadz yang mengisi, tapi durasinya kalah jauh dengan banyolan dan kuis. Ya, seperti yang kamu lihat sendiri di layar kaca tersebut.

BTW, senang nggak sih kamu ngeliat acara televisi kayak gitu rupa?

Teman kita, Rani namanya, pas ditanya saat chat bareng STUDIA di YM (Oya, Yahoo! ID STUDIA nih: redaksistudia, boleh di-add) doi ngasih komen, “Bagi gue, asyik-asyik aja sih, apalagi ada kuisnya. Gue merasa terhibur. Lagian bete banget kalo ceramah mulu. Kalo ada hiburannya apalagi lawakan gue jadi fresh, gitu lho” tulis Rani yang anak Jakarta en masih sekolah kelas 2 SMK ini santai banget.

Lain Rani, lain Tuti. Doi cewek Bandung baru kuliah semester satu di salah satu perguruan tinggi negeri di sono, dan kayaknya sebel banget ama tayangan Ramadhan yang kebanyakan banyolan itu. Tuti bilang sih, “Aku nggak suka. Jujur. Sebel banget. Sama sekali nggak dapet ilmu dari acara tersebut, kecuali sedikit banget. Itu pun kalo pemirsa ngeh. Soalnya disampaikan juga dengan banyolan kayak di acara Sana Sini Sahur. Di acara itu ada pemain yang memerankan seperti gaya Aa Gym. Duh, kasihan banget tuh Aa, jadi bahan guyonan,” Tuti panjang lebar. Waduh Tuti, sampe keriting nggak tuh jari-jarinya? Hehe.. untung kita copy-paste aja dari body chat di YM. Kalo nggak, pegel juga ngetik ulang cerocosanmu ini. Oke deh, thanks banget ya udah mau chat ama STUDIA.

Sobat muda muslim, Rani dan Tuti bisa saja berbeda pendapat. Sebab, setiap orang memang berpendapat sesuai dengan mafhum alias pemahamannya tentang kehidupan ini. Kalo Islam dijadikan sebagai “cara hidup”, tentu jawabannya bakalan beda dengan kita yang memandang Islam sebagai pengetahuan atau informasi belaka. Tul ndak?

Eh, masih ada satu lagi nih teman kita yang kebetulan disita waktunya sama STUDIA buat chat di YM. Tapi insya Allah bermanfaat ya. Hmm.. namanya Andri. Asal Palembang. Udah kelas 3 SMA. Andri ngasih komen lumayan bijak dan juga panjang lebar. Menurutnya, “Saya merasa gembira dengan adanya acara religius di televisi saat Ramadhan ini. Itu artinya, kaum Muslimin, khususnya pengelola televisi masih punya kepekaan. Kalo waktu Ramadhan masih nayangin acara yang error juga, itu namanya muka badak. Cuma, ya aku juga terus terang menyayangkan banget karena acara-acara bernuansa Ramadhan itu dikemas dengan hiburan. Udah gitu, kebanyakan hiburan yang nggak berkelas banget. Banyak guyonnya. Jadinya kita nggak merasakan kalo Ramadhan itu mulia dan bermakna. Ramadhan udah kehilangan nyawanya,” tulis Andri nggak mau kalah panjang ama Tuti. Padahal, chat-nya kita terpisah lho, nggak pake fitur conference di YM. Hehehe.. abisnya enak kali ya kalo nulis. Bisa ngungkapin maksud sedetil mungkin.

Oke deh, makasih buat Rani, Tuti dan juga Andri yang udah mau sharing ama STUDIA. Ternyata soal ini memang pro-kontra ya. Itu semua bergantung pemahaman kita soal kehidupan ini. Perilaku kita, perasaan kita, pikiran kita, semuanya bergantung dari pemahaman kita. Semoga kita termasuk orang-orang yang beriman, bertakwa, berilmu, dan beramal shaleh. Agar bisa melakukan sesuatu dengan benar dan baik menurut Islam.

Sumber: buletinstudia.multiply.com

Published in: on September 3, 2008 at 4:31 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://dutin4.wordpress.com/2008/09/03/ramadhan-di-televisi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan komentar